Home » » Tips-Tips Menghadapi Ujian Nasional

Tips-Tips Menghadapi Ujian Nasional

Tips-Tips Menghadapi Ujian Nasional

Apa kabar sob??? semoga semua sehat selalu. Berhubung sebentar lagi dilaksanakan Ujian Nasional, saya akan posting tips-tips menghadapi ujian nasional. Langsung saja, Cekidot.
Berikut tipsnya:
  1. Belajar, belajar, dan belajar: Belajar adalah usaha paling utama untuk menghadapi ujian . Bacalah buku yang berhubungan dengan materi ujian nasional, kerjakan soal-soal agar terbiasa saat mengerjakan soal ujian.
  2. Persiapan awal yang matang: Bawalah semua alat-alat tulis yang kamu butuhkan. Seperti pensil, bolpoin, penghapus, penggaris, dll. Agar saat ujian nasional berlangsung kamu tidak bingung, dan meminjam ke teman.
  3. Jangan tegang dan tetap percaya diri: Percayalah pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa mengerjakan semua soal ujian. Jangan tegang dan tetap tenang, karena tegang akan membuat kita lupa dengan yang telah kamu pelajari dan akan menggaggu konsentrasi kamu.
  4. Baca, cermati, dan pahami soal sebelum mengerjakan: Luangkan 10% dari keseluruhan waktu ujian untuk membaca soal-soal ujian secara mendalam, tandai kata-kata kunci dan putuskan berapa waktu yang diperlukan untuk menjawab masing-masing soal. Rencanakan untuk mengerjakan soal yang mudah dulu, baru soal yang tersulit. Ketika kamu membaca soal-soal, catat juga ide-ide yang muncul yang akan digunakan sebagai jawaban.
  5. Hati-hari dalam mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK): Dalam mengisi Lembar Jawab Komputer (LJK) sebaiknya hati-hati, jangan sampai basah, terlipat dan selalu menjaga LJK dari minyak, jika hal ini terjadi yang ditakutkan adalah tidak mesin scanner tidak dapat mendeteksi jawaban anda. Tentunya hal ini sangat fatal.
  6. Sisihkan 10% waktumu untuk memeriksa ulang jawabanmu: Periksa jawabanmu; hindari keinginan untuk segera meninggalkan kelas segera setelah kamu menjawab semua soal-soal ujian. Periksa lagi bahwa kamu telah menyelesaikan semua pertanyaan. Baca ulang jawabanmu untuk memeriksa ejaan, struktur bahasa dan tanda baca. Untuk jawaban matematika, periksa bila ada kecerobohan (misalnya salah meletakkan desimal). Bandingkan jawaban matematikamu yang sebenarnya dengan penghitungan ringkas.
  7. Awali dan Akhiri dengan berdoa: Sebelum kita mulai mengerjakan dan sesudah mengerjakan jangan lupa berdoa kepada Tuhan agar diberikan hasil yang baik. Kita hanya bisa berusaha, Tuhan yang menentukan. Tuhan senantiasa akan melihat kesungguhan usaha kita. Tuhan pun akan melihat kesungguhan hambaNya untuk melakukan suatu usaha jika hambaNya mengiringi usahanya tersebut dengan berdoa.
Semoga tips-tips diatas tadi bermanfaat untuk anda. Semoga sukses.....
Share this article :

No comments:

Post a Comment

This song to ok

Play-It

Click Ok

Kalender

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Internet - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger